• Jl. Dr. Ratulangi No. 274, Maros
  • WhatsApp 081122225808
  • [email protected]
Logo Logo
  • Beranda
  • Profil
    • Overview
    • Visi dan Misi
    • Struktur Organisasi
    • Tugas dan Fungsi
    • Pimpinan
    • Satuan Kerja
    • Sumber Daya Manusia
  • Informasi Publik
    • Portal PPID
    • Standar Layanan
      • Maklumat Layanan
      • Waktu dan Biaya Layanan
    • Prosedur Pelayanan
      • Prosedur Permohonan
      • Prosedur Pengajuan Keberatan dan Penyelesaian Sengketa
      • Prosedur Pelayanan Publik
    • Regulasi
    • Agenda Kegiatan
    • Informasi Berkala
      • LHKPN
      • LHKASN
      • DIPA
      • RKAKL/POK
      • Laporan Kinerja
      • Capaian Kinerja
      • Laporan Keuangan
      • Laporan Realisasi Anggaran
      • Laporan Tahunan
      • Daftar Aset/BMN
      • Prosedur Evakuasi
      • Laporan PPID
      • Indeks Kepuasan Masyarakat
    • Informasi Serta Merta
    • Informasi Setiap Saat
      • Daftar Informasi Publik
      • Daftar Informasi Dikecualikan
      • Rencana Strategis
      • Kerja Sama
      • Standar Operasional Prosedur
  • Publikasi
    • Buku
    • Pedum dan Juknis
    • Infografis
    • Siaran Pers
    • Buletin
  • Reformasi Birokrasi
    • Manajemen Perubahan
    • Deregulasi Kebijakan
    • Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
    • Penataan dan Penguatan Organisasi
    • Penataan Tata Laksana
    • Penataan Sistem Manajemen SDM
    • Penguatan Akuntabilitas
    • Penguatan Pengawasan
  • Layanan
Thumb
79 dilihat       17 Oktober 2025

Masyarakat Terlibat Aktif dalam Penyusunan Standar Pelayanan yang Akuntabel dan Transparan

Maros, (17/10) –  Forum Konsultasi Publik memberikan kesempatan berharga kepada masyarakat dan pengguna layanan untuk berpartisipasi secara langsung dalam proses penyusunan, evaluasi, dan penyempurnaan Rancangan Standar Pelayanan Publik (RSPP). Pada Kamis, 16 Oktober 2025 satuan kerja (satker) lingkup Pusat Perakitan dan Modernisasi Pertanian Tanaman Pangan (BRMP Tanaman Pangan) menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik (FKP) yang dihelat serentak di lima lokasi secara daring melalui Zoom.

Melalui forum tersebut masyarakat dapat menyampaikan aspirasi, kritik, serta saran yang membangun terkait dengan pengalaman mereka dalam menerima layanan. Partisipasi tersebut bukan hanya bersifat simbolik, melainkan menjadi bagian penting dalam pembentukan kebijakan dan standar pelayanan yang lebih responsif terhadap kebutuhan nyata di lapangan.

Murniati, perwakilan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Maros menyampaikan saran terakait penyediaan layanan barang benih sumber. Pihaknya juga mendukung pelaksanaan public hearing (FKP) sebagai upaya partisipatif dalam pembentukan kebijakan dan standar pelayanan yang lebih responsif terhadap kebutuhan nyata di lapangan.

“Saya pikir perusahaan yang mengomersialkan jagung dan serealia lainnya, melakukan uji mutu pada BRMP Serealia sebelum melaunching produk mereka di masyarakat. Kemudian saya rasa penting bagi BRMP Serelia dan satker lainnya untuk dapat mencukupi dan menyediakan kebutuhan daripada seluruh masyarakat yang menggunakan jasa mereka,” ujar Murniati.

Selain mendorong partisipasi aktif publik, FKP juga melibatkan masyarakat sebagai mitra dalam pembangunan sistem pelayanan yang lebih baik bukan hanya sekedar menerima layanan saja. Dengan demikian keterwakilan enam golongan meliputi penyedia layanan, pengguna layanan, stakeholder pelayanan publik, ahli/praktisi, organisasi masyarakat sipil, dan media massa, melahirkan kepercayaan yang lebih kuat, serta hubungan kemitraan yang positif antara lembaga dan masyarakat.

Pada akhirnya kegiatan ini bukanlah sekedar seremonial, tetapi merupakan tanggung jawab moral dan administratif satker lingkup BRMP Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian dalam mewujudkan pelayanan yang berkualitas. Partisipasi pengguna layanan menjadi fondasi utama dalam setiap upaya perbaikan layanan publik. Semoga forum ini menjadi awal dari hubungan yang lebih baik, saling percaya, dan berorientasi pada peningkatan kualitas pelayanan publik di sektor pertanian dan pangan.

RSPP BRMP Serealia dapat diakses melalui tautan berikut. Masyarakat dapat memberikan masukan terhadap RSPP tersebut melalui surel [email protected] hingga 24 Oktober 2025.


 

Terima kasih telah membaca artikel kami. Kami ingin mengajak Anda untuk terus menjelajahi dan memperdalam pengetahuan Anda. Temukan berita terbaru dan artikel bermanfaat dengan mengklik tautan berikut “Klik di sini”.


 

Jurnalis: PPL UIN Alauddin Makassar 2025 
Editor: Muchammad Fatchur Rizza

Prev Next

- Humas BRMP Serealia


Pencarian

Berita Terbaru

  • Thumb
    Kepedulian Pegawai dan Mitra Kementan untuk Saudara di Sumatera
    17 Des 2025 - By Humas BRMP Serealia
  • Thumb
    BRMP TANAMAN PANGAN GELAR BIMTEK BUDIDAYA JAGUNG TERSTANDAR DI LOMBOK TENGAH
    28 Nov 2025 - By Humas BRMP Serealia
  • Thumb
    Temu Wicara Penyuluh dan Brigade Pangan Perkuat Implementasi Program IP300 di Sidrap
    26 Nov 2025 - By Humas BRMP Serealia
  • Thumb
    Persiapkan Budidaya Gandum Skala Luas, BRMP Serealia Gelar Bimtek
    25 Nov 2025 - By Humas BRMP Serealia
  • Thumb
    Sinergitas BRMP Tanaman Serealia dengan Dunia Pendidikan dalam Peningkatan Proses Belajar Mengajar
    20 Nov 2025 - By Humas BRMP Serealia

tags

BRMP Serealia Keterbukaan Informasi Publik Pelayanan Publik

Kontak

WhatsApp 081122225808
Telepon (0411) 374511
[email protected]

Jl. Dr. Ratulangi No.274, Kecamatan Lau, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia Kode Pos 90512

Email [email protected]
Website serealia.brmp.pertanian.go.id

© 2025 - 2025 Balai Perakitan dan Pengujian Tanaman Serealia. All Right Reserved