Masyarakat Terlibat Aktif dalam Penyusunan Standar Pelayanan yang Akuntabel dan Transparan
Maros, (17/10) – Forum Konsultasi Publik memberikan kesempatan berharga kepada masyarakat dan pengguna layanan untuk berpartisipasi secara langsung dalam proses penyusunan, evaluasi, dan penyempurnaan Rancangan Standar Pelayanan Publik (RSPP). Pada Kamis, 16 Oktober 2025 satuan kerja (satker) lingkup Pusat Perakitan dan Modernisasi Pertanian Tanaman Pangan (BRMP Tanaman Pangan) menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik (FKP) yang dihelat serentak di lima lokasi secara daring melalui Zoom.
Melalui forum tersebut masyarakat dapat menyampaikan aspirasi, kritik, serta saran yang membangun terkait dengan pengalaman mereka dalam menerima layanan. Partisipasi tersebut bukan hanya bersifat simbolik, melainkan menjadi bagian penting dalam pembentukan kebijakan dan standar pelayanan yang lebih responsif terhadap kebutuhan nyata di lapangan.
Murniati, perwakilan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Maros menyampaikan saran terakait penyediaan layanan barang benih sumber. Pihaknya juga mendukung pelaksanaan public hearing (FKP) sebagai upaya partisipatif dalam pembentukan kebijakan dan standar pelayanan yang lebih responsif terhadap kebutuhan nyata di lapangan.
“Saya pikir perusahaan yang mengomersialkan jagung dan serealia lainnya, melakukan uji mutu pada BRMP Serealia sebelum melaunching produk mereka di masyarakat. Kemudian saya rasa penting bagi BRMP Serelia dan satker lainnya untuk dapat mencukupi dan menyediakan kebutuhan daripada seluruh masyarakat yang menggunakan jasa mereka,” ujar Murniati.
Selain mendorong partisipasi aktif publik, FKP juga melibatkan masyarakat sebagai mitra dalam pembangunan sistem pelayanan yang lebih baik bukan hanya sekedar menerima layanan saja. Dengan demikian keterwakilan enam golongan meliputi penyedia layanan, pengguna layanan, stakeholder pelayanan publik, ahli/praktisi, organisasi masyarakat sipil, dan media massa, melahirkan kepercayaan yang lebih kuat, serta hubungan kemitraan yang positif antara lembaga dan masyarakat.
Pada akhirnya kegiatan ini bukanlah sekedar seremonial, tetapi merupakan tanggung jawab moral dan administratif satker lingkup BRMP Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian dalam mewujudkan pelayanan yang berkualitas. Partisipasi pengguna layanan menjadi fondasi utama dalam setiap upaya perbaikan layanan publik. Semoga forum ini menjadi awal dari hubungan yang lebih baik, saling percaya, dan berorientasi pada peningkatan kualitas pelayanan publik di sektor pertanian dan pangan.
RSPP BRMP Serealia dapat diakses melalui tautan berikut. Masyarakat dapat memberikan masukan terhadap RSPP tersebut melalui surel [email protected] hingga 24 Oktober 2025.
Terima kasih telah membaca artikel kami. Kami ingin mengajak Anda untuk terus menjelajahi dan memperdalam pengetahuan Anda. Temukan berita terbaru dan artikel bermanfaat dengan mengklik tautan berikut “Klik di sini”.
Jurnalis: PPL UIN Alauddin Makassar 2025
Editor: Muchammad Fatchur Rizza